Modeling Kaki Cartoon
Publish: 19 Feb 2010 | Author & Copyright: Aditya, ST | FREE Proffesional tutorial 3DS MAX
Hi! Saatnya kita mulai masuk untuk membuat modeling character 3d (3d character modeling) dengan focus pembuatan kaki character cartoon. Kita akan membuatnya dengan teknik Poygonal Modeling, yaitu membuat objek baru (berupa character modeling) dengan menggunakan objek dasar sebuah bentuk Box (kotak). Prinsipnya sama seperti Anda memahat sebuah patung dari sebuah batu atau dari bahan sebuah sabun cuci misalnya. Atau seperti Anda membentuk sebuah objek baru dari bahan seonggok tanah liat. Bedanya, disini Anda membuatnya secara digital.
Disini dibutuhkan proses latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.
Langkah - Langkahnya:
1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.
2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar
3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.
4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly
5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah
6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah
6. Pilih opsi Edge
8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah
9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect
10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK
11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).
12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.
13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar
14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1
15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut
16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar
17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar
18. Klik tombol Select and Scale
19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut
20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar
21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar
22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda
23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut
24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2
25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih
Kaki siapa ya ini? hehehe...
(Anda juga dapat mengatur ketinggian dari masing-masing huruf dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk mendapatkan komposisi yang lebih menarik. Untuk membuat efek bintang-bintang malam hari seperti tampak pada gambar diatas, akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya).
Publish: 19 Feb 2010 | Author & Copyright: Aditya, ST | FREE Proffesional tutorial 3DS MAX
Hi! Saatnya kita mulai masuk untuk membuat modeling character 3d (3d character modeling) dengan focus pembuatan kaki character cartoon. Kita akan membuatnya dengan teknik Poygonal Modeling, yaitu membuat objek baru (berupa character modeling) dengan menggunakan objek dasar sebuah bentuk Box (kotak). Prinsipnya sama seperti Anda memahat sebuah patung dari sebuah batu atau dari bahan sebuah sabun cuci misalnya. Atau seperti Anda membentuk sebuah objek baru dari bahan seonggok tanah liat. Bedanya, disini Anda membuatnya secara digital.
Disini dibutuhkan proses latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.
Langkah - Langkahnya:
1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.
2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar
3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.
4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly
5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah
6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah
6. Pilih opsi Edge
8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah
9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect
10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK
11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).
12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.
13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar
14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1
15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut
16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar
17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar
18. Klik tombol Select and Scale
19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut
20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar
21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar
22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda
23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut
24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2
25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih
Kaki siapa ya ini? hehehe...
(Anda juga dapat mengatur ketinggian dari masing-masing huruf dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk mendapatkan komposisi yang lebih menarik. Untuk membuat efek bintang-bintang malam hari seperti tampak pada gambar diatas, akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya).
Hi! Jumpa kembali dalam tutorial 3DS MAX. Kali ini kita akan membuat Image 3D berjudul “team IlmuGrafis Super Soccer” (favoritnya Mas Jo, Kapten kesayangan kita, kesebelasan IlmuGrafis United)… hehehe…
+ Tambahan + Intermezzo Message
@Mas Aditya: Line Up Formation pakai 4-4-2 ya, Mas Ervyn (Steven Gerrard) Sebagai Gelandangan eh salah Gelandang Serang ;P bersama Mas Junus (Frank Lampard) soalnya mereka kayaknya gak terpisahkan gitu, hehehe..., dan yang lainnya Bebas Beroprasi di Sektor Depan dan Sayap)
Membuat Modeling
1. Buka Tab Create
2. Anda klik objek Hedra01. Buka Tab Modify
Setingan Kategori Family dan Family Parameters.
3. Di kategori Vertices klik pemilihan Center & Sides. Opsi Center & Sides sangat ideal untuk pembentukan objek bola.
4. Atur juga nilai Radius = 56. Kemudian klik kotak Combo bertuliskan Modifier List dan klik pemilihan Modifier Spherify (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk mengubah bentuk suatu objek menjadi menyerupai bentuk bola/bulat). Tambahkan kembali Modifier Smooth (ini adalah Modifier yang berfungsi untuk menghaluskan bentuk suatu objek). Anda klik kotak Auto Smooth.
Penambahan Modifier Spherify dan Smooth.
5. Objek modeling bola telah jadi, kini Anda buat objek Box untuk dijadikan sebagai permukaan rumputnya. Anda atur besaran ukuran dari objek Box ini. Selanjutnya Anda akan membuat objek Text.
6. Klik Tab Create
7. Di Tab Modify
8. Masih di dalam Tab Modify
9. Anda buat lagi Text selanjutnya. Tab Modify
10. Klik kanan tombol Select & Move
11. Anda klik Viewport Perspective. Klik Menu Rendering > Render. Klik tombol Render untuk melihat hasil akhir dari modeling yang Anda buat sebelumnya.
Selesai
Membuat Texturing (Material)
Pada tahapan ini Anda akan memberikan tekstur/material berupa gambar image atau foto suatu tekstur lalu ditempelkan ke objek 3D Anda.
Gambar image atau foto tersebut dapat Anda peroleh dari library Image yang telah disediakan oleh aplikasi 3ds max atau dapat juga Anda download dari internet atau Anda foto sendiri dengan menggunakan kamera digital, kemudian masukkan ke dalam harddisk komputer Anda.
1. Selanjutnya, Anda akan memberikan material berupa gambar untuk objek bola tersebut.
2. Sekarang Anda akan memberikan material untuk objek bolanya. Anda tekan M di keyboard untuk menampilkan Material Editor.
3. Klik salah satu slot kosong
Setingan Multi/Sub-Object.
4. Klik objek “Bola” lalu tekan tombol Assign Material to Selection
5. Selanjutnya buat material untuk objek rumput. Klik kotak slot material kosong yang lain. Anda klik kotak kecil di sebelah tulisan Diffuse
Cari gambar teksturnya
, lalu klik tombol Open.
Jendela Material/Map Browser.
6. Pastikan objek rumput terpilih (objek Box yang sebelumnya telah Anda buat), kemudian klik tombol Assign Material to Selection
7. Klik tombol Show Map in Viewport
8. Sekarang Anda beri material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna kuning dan klik tombol OK.
9. Pastikan Text “IlmuGrafis” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
10. Anda beri juga material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna merah dan klik tombol OK.
11. Pastikan Text “SUPER SOCCER” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection
12. Selanjutnya klik Viewport Perspective. Kemudian Anda klik Menu Rendering > Render. Klik tombol Render.
Selesai
Membuat LIGHTING
Sekarang Anda akan membuat pencahayaan.
1. Klik Tab Create
2. Anda buka Tab Modify
Setingan Skylight Parameters.
3. Pilih Menu Rendering > Render. Akan terbuka jendela Render Scene Default Render, klik Tab Advanced Lighting. Pada rollout Select Advanced Lighting, klik kotak Combo bertuliskan <no lighting plug-in> dan ubah ke Light Tracer. Biarkan setingan lain dalam keadaan default. Secara default, Anda sudah mendapatkan hasil GI yang ideal bila di Render nantinya.
Fitur Light Tracer.
4. Aktifkan Viewport Perspective. Klik tombol Render.
Selesai
Membuat Background
Suatu karya berupa gambar 3D maupun animasi 3d akan lebih indah dan menarik apabila memiliki Background didalamnya sehingga akan membuat gambar atau animasi tersebut menjadi lebih hidup dan nyata.
1. Selanjutnya klik Menu Rendering > Environment. Akan terbuka jendela Environment & Effects.
2. Di rollout Common Parameters, pada kategori Background, klik tulisan None pada Environment Map, kemudian akan terbuka jendela Material/Map Browser dan Anda klik ganda pada pilihan Bitmap.
3. Anda cari gambar Image yang Anda inginkan, misalkan:
gambar langit, lalu klik tombol Open.
4. Maka gambar tersebut akan langsung menjadi gambar Background di Scene 3D Anda. Tutup jendela Environment & Effects.
Environment Map.
5. Klik Viewport Perspective. Lakukan proses Render untuk melihat hasil finalnya.
ilmuGRAFIS SUPER SOCCER LEAGUE
Salam Olahraga - Maju Terus Sepak Bola Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar